Senin, 13 Februari 2017

Contoh dan Cara Membuat RPP Kurikulum 2013


Gambar: Wikipedia
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) atau disebut Lesson Plan dalam bahasa Inggris adalah salah satu komponen penting dalam mempersiapkan pembelajaran. Oleh karena itu, RPP harus disusun sebaik mungkin. Meskipun tidak ada format baku RPP yang baik, tepat, dan disetujui semua orang tapi setidaknya ada rambu-rambu yang harus dipatuhi dalam membuat RPP. Berikut ini disajikan pengertian, rambu-rambu penyusunan, prinsip-prinsip penyusunan, komponen, dan contoh RPP untuk Kurikulum 2013. 


RPP KURIKUKLUM 2013


A. Pengertian RPP

RPP adalah seperangkat rencana pembelajaran untuk satu tema tertentu di kelas tertentu dalam satu waktu tertentu (Satu pertemuan atau lebih)yang terdiri dari komponen: identitas sekolah, tema/sub tema, kelas/semester, materi pokok, dan materi pembelajaran, alokasi waktu, tujuan pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran dan sumber belajar, langkah-langkah pembelajaran, dan penilaian hasil pembelajaran.

B. Rambu-rambu Penyusunan:

1.   Dijabarkan dari silabus untuk mengarahkan peserta didik mencapai KD;
2.   Guru menyusun RPP lengkap dan sistimatis;
3.   RPP disusun untuk satu pertemuan sesuai tema;
4.   Guru merancang penggalan RPP.

C. Prinsip-prinsip Penyusunan RPP:

1.   Memperhatikan perbedaan individu;
2.   Mendorong partisipasi aktif peserta didik;
3.   Mengembangkan budaya membaca dan menulis;
4.   Memberi umpan balik dan tindak lanjut;
5.   Mengakomodasi keterkaitan dan keterpaduan antar KD, materi, kegiatan, indikator pencapaian
      kompetensi, penilaian, dan sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar;
6.   Mengakomodasi tematik terpadu, keterpaduan lintas matapelajaran, lintas aspek belajar dan
      keragaman budaya;
7.   Menerapkan IPTEK.

Komponen RPP:

1.   Identitas (Satuan pendidikan, kelas/semester; tema dan sub tema, pertemuan ke-,
      alokasi waktu, dan hari/tanggal);
2.   Kompetensi inti;
3.   Kompetensi dasar (terdiri dari beberapa KD mata pelajaran sesuai tema);
4.   Indikator pencapaian kompetensi (sesuai KD mata pelajaran yang terpadu);
5.   Tujuan pembelajaran;
6.   Materi pembelajatran;
7.   Metode pembelajaran;
8.   Kegiatan pembelajaran terdiri dari: pendahuluan, inti dan penutup (dibuat dalam bentuk matrik
      mencakup: kegiatan, deskripsi, dan alokasi waktu);
9.   Alat/Media dan sumber belajar;
10. Penilaian proses dan hasil belajar (meliputi: teknik, bentuk dan instrumen, serta penilaian
      sikap).

Catatan:
RPP yag diharapkan berbentuk tematik, scientific, dan penilaian autentik.

CONTOH RPP

Satuan Pendidikan : SD N Harapan Bangsa
Kelas/Semester : IV/1
Tema : Berbagai Pekerjaan
Subtema                : Barang dan Jasa
Pertemuan ke-        : 3
Alokasi waktu        : 2x35 menit (1 x pertemuan)
Hari/tanggal : Kamis, 8 Mei 2014


A. Kompetensi Inti
1. Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam
    berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
    menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya,
    dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya
    yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
    mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia.

B. Kompetensi Dasar
1.1  Menghargai kebhinnekatunggalikaan dan keragaman agama, suku bangsa, pakaian
       tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, upacara adat, sosial, dan ekonomi di
       lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat sekitar
1.2  Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah  Tuhan Yang Maha Esa di
       lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat sekitar
2.1  Menunjukkan perilaku, disiplin, tanggung jawab, percaya diri, berani mengakui kesalahan,
       meminta maaf dan memberi maaf sebagaimana dicontohkan tokoh penting yang berperan
      dalam perjuangan menentang penjajah hingga kemerdekaan  Republik Indonesia sebagai
      perwujudan nilai dan moral Pancasila
2.2  Menunjukkan perilaku yang sesuai dengan  hak dan kewajiban di rumah, sekolah dan
       masyarakat sekitar
2.3  Menunjukkan perilaku sesuai dengan hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan
       sehari hari di rumah sekolah dan masyarakat sekitar
2.4  Menunjukkan perilaku bersatu sebagai wujud keyakinan bahwa tempat tinggal  dan
       lingkungannya sebagai bagian dari wilayah Negara Kesatuan Republik  Indonesia (NKRI)
3.2  Memahami hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah,
       sekolah dan masyarakat
4.2  Melaksanakan kewajiban sebagai warga di lingkungan rumah, se-kolah dan masyarakat

C. Indikator
1. Memberikan ide tentang cara-cara penanggulangan bencana alam (banjir)

D. Tujuan Pembelajaran
1. Setelah membaca teks, bertanya jawab dan melakukan pengamatan, siswa mampu memahami
    mengenai  penyebab dan akibat bencana banjir (menanya)
2. Setelah membaca teks dan berdiskusi, siswa mampu memberikan ide tentang cara
    pengangulangan peristiwa alam (banjir)

E. Materi Pembelajaran
Sebuah teks bacaan mengenai peristiwa banjir

F. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Saintifik
2. Strategi : exposition-discovery learning
3. Metode : Ceramah, demonstrasi, diskusi, tanya jawab, dan penugasan
4. Teknik : Spesifik, berkelompok, unik

G. Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
Kegiatan Pendahuluan
1.      Salam dan berdo’a
2.      Mengkondisikan siswa secara fisik dan psikis
3.      Mengecek kehadiran
4.      Apersepsi
Guru mengaitkan materi pembelajaran yang akan dipelajari dengan materi yang telah disampaikan sebelumnya mengenai jenis-jenis bencana alam.
5.      Guru menyampaikan Kompetensi Dasar dan Tujuan yang akan dicapai
10 menit
Kegiatan Inti
1.      Eksplorasi
a.       Guru bertanya kepada siswa apakah mereka mengetahui mengenai bencana banjir
2.      Elaborasi
a.       Siswa membaca teks bacaan mengenai bencana alam banjir (mengamati)
b.      Guru dan siswa bertanya jawab mengenai penyebab dan akibat bencana banjir (menanya)
c.       Siswa melakukan pengamatan mengenai kondisi lingkungan sekolah, apakah ada hal yang dapat menyebabkan banjir. misal: banyaknya sampah yang menumpuk di selokan. (mengamati)
d.      Siswa mencatat sejumlah perilaku yang dapat menyebabkan banjir. (menalar)
e.       Siswa membersihkan lingkungan sekolah yang kotor agar tidak terjadi banjir. (mencoba)
f.       Siswa berdiskusi mengenai berbagai cara menanggulangi banjir. (mengolah)
g.      Siswa menyimpulkan berbagai cara menanggulangi banjir. (menyimpulkan)
h.      Siswa menyajikan hasil diskusi dalam bentuk laporan tertulis. (menyajikan)
i.        Siswa mengkomunikasikan hasil diskusi mereka di depan kelas. (mengkomunikasikan)
3.      Konfirmasi
a.       Guru bertanya tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
b.      Guru meluruskan kesalahan pemahaman dan memberikan penguatan.
50 menit
Kegiatan Penutup
1.      Guru menyampaikan rangkuman dan kesimpulan materi yang telah disampaikan.
2.      Guru melakukan tindak lanjut berupa Pemberian PR / tugas .

10 menit

H. Alat dan Sumber Belajar
1. Alat dan Bahan Ajar :
a. Spidol
b. Papan tulis
c. Alat Kebersihan

2. Sumber Belajar :
a. Paduan kurikulum 2013
b. Buku Siswa SD/MI Kelas IV Tema 4 Berbagai Pekerjaan
c. Lingkungan Sekitar

I. Penilaian Proses dan Hasil Belajar
1. Teknik dan Bentuk Instrumen

a. Tes Unjuk Kerja
1) Teknik : Non Tes (Observasi)
2) Bentuk Instrumen : Rubrik dan daftar cek atau skala penilaian sikap

Rubrik Penilaian

No
Kriteria
Baik Sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
1
Hasil Pengamatan
Siswa mampu mengidentifikasi 5 kondisi lingkungan yang dapat mengakibatkan banjir
Siswa mampu mengidentifikasi lebih dari 3 kondisi lingkungan yang dapat mengakibatkan banjir
Siswa mampu mengidentifikasi 2 kondisi lingkungan yang dapat mengakibatkan banjir
Siswa belum mampu mengidentifikasi kondisi lingkungan yang dapat mengakibatkan banjir
2
Menjaga Lingkungan
Siswa membersihkan lingkungan sekolah untuk mencegah banjir dengan kesadaran sendiri
Siswa membersihkan lingkungan sekolah untuk mencegah banjir dengan masih membutuhkan pengawasan guru
Siswa membersihkan lingkungan sekolah untuk mencegah banjir tetapi hanya sesekali
Siswa tidak mau membersihkan lingkungan sekolah untuk mencegah banjir
3
Keterampilan
Mengkomuni-kasikan
hasil diskusi
Penjelasan
mudah dipahami,
pemilihan kata
sesuai dengan
bahasa Indonesia
baku
Penjelasan
mudah dipahami,
pemilihan
beberapa kata
sesuai dengan
bahasa Indonesia
baku
Penjelasan kurang
dipahami, pemilihan
beberapa kata
sesuai/tidak sesuai
dengan bahasa
Indonesia baku
Penjelasan
sulit dipahami,
pemilihan kata
tidak sesuai
dengan bahasa
Indonesia baku

Keterangan Skor:
1 = Perlu Bimbingan
2 = Cukup
3 = Baik
4 = Baik Sekali
Skor Maksimal = 12

Nilai = Skor perolehan x 100 : Skor maksimal

Penilaian Sikap

No
Sikap
Membudaya
Mulai Berkembang
Mulai terlihat
Belum Terlihat
Keterangan
1
Tertib





2
Patuh





3
Toleran





4
Peduli






Keterangan Skor:
1 = Belum terlihat
2 = Mulai terlihat
3 = Mulai berkembang
4 = Membudaya
Skor Maksimal = 20
Nilai = Skor perolehan   x100 : Skor maksimal


2. Tugas
Kerjakanlah Tugas Berikut Ini!
1. Bertanyalah kepada anggota keluargamu dan tetanggamu, apakah mereka tahu cara
    mencegah terjadinya banjir?
2. Bertanyalah kepada anggota keluargamu dan tetanggamu, bagaimana cara
    menanggulangi apabila banjir terjadi?
3. Berikanlah saranmu kepada mereka tentang cara merawat lingkungan agar tidak terjadi
    banjir?



Demikianlah contoh RPP Kurtilas. Meskipun masih banyak yang harus diperbaiki, tapi penulis berharap semoga dapat membantu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar